April 2016 ~ HIKAM READER

Loading...
HIKAM READER

11:09 AM

No comments: Pada Kamis 28 April 2016, jam 10.00-12.30 bertempat di auditorium kampus Universitas Presiden, Jababeka, Cikarang, dilangsungkan acara bedah buku saya "Deradikalisasi: Peran Masyarakat Sipil Indonesia Membendung Radikalisme" (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2016). Para pembicara dari civitas academica Universitas Presiden sendiri yaitu:1. Prof. AA

Banyu Perwita (Prodi HI); 2) Dindin Dimyati, S.Sos, MM (Prodi Komunikasi); Dan 3) Fennieka... Share:

Read More

HIKAM READER

5:48 AM

POLITICS, SECURITY

No comments:

Ketua Komisi V DPR-RI, Fary Djemi Francis (FDF), boleh2 saja bilang prihatin dg status tersangka yg ditwtapkan oleh KPK kpd 3 orang koleganya di komisi tsb. Mereka adlh Damayanti Wisnu Putranti (DWP) dari PDIP, Budi Supriyanto (BS) dari Golkar, dan, yg terbaru, Andi Taufan Tiro (ATT) dari PAN. Tetapi FDF juga mesti siap2 utk lebih dr sekedar prihatin kalau nanti lembaga antirasuah tsb mentersangkakan lebih dr 3 orang atau bahkan semua anggota komisi perhubungan tsb. Pasalnya kendati sudah 3 orang politisi yg jd tersangka kasus pembangunan... Share:

Read More

HIKAM READER

CULTURE

12:14 PM

1 comment: Rentetan perkembangan kabar mengenai nama-

HUMOR

nama pejabat negara yg ada dalam apa yg

MISCALLENOUS

disebut dengan 'Dokumen Panama" atau

NATIONAL

Panama Papers (PP), makin mirip 'bola liar'

POLITICS

yang bisa berdampak serius bagi kredibilitas

REFLECTIONS

Pemerintahan Presiden Jokowi (PJ). Sebelumnya, muncul nama Ketua BPK, Harry

REGIONAL

Popular Posts

Archives

"CALIPHATISM" AND VATICAN: COULDN'T BE MORE DIFFERENT By Lily Hikam *) We've reached a new level of ridiculousness on the debate regarding HTI's continued existence in Indone... MUHASABAH KEBANGSAAN (1): KEISLAMAN YANG "KEKANAK-KANAKAN" Oleh Al-Zastrouw Akhir2 ini suasana keluarga kami menjadi agak bising dan gaduh karena ulah anak2 yg selalu merajuk sambil marah2. Mereka me... MUHASABAH KEBANGSAAN (5): KERIS EMPU GANDRING DAN KEBOIJO Oleh Al-Zastrouw Bermula dari sebilah keris sakti yang dibuat oleh Empu Gandring, tragedi perebutan kekuasaan yang merenggut banyak k... MUHASABAH KEBANGSAAN (4): KESABARAN DAN DO'A Oleh Al-Zastrouw Akhir-akhir ini makin marak tudingan kafir, musyrik, munafiq, dan berbagai caci maki keji lainnya ditujukan kepada sesa... MUHASABAH KEBANGSAAN (9): SEJARAH, PAHAM TAKFIRI, DAN PEMBERONTAK BERTOPENG AYAT Oleh Al-Zastrouw Penggunaan ayat suci sebagai topeng untuk melakukan pemberontakan terhadap pemerintah yang sah, termasuk pemerinta...

April 2016 (19)

Azhar (HA), sebagai salah seorang pejabat

RELIGION

tinggi negara yg memiliki perusahaan cangkang (shell company) menurut

SECURITY

laporan PP tsb, kini nama Luhut B. Panjaitan (LP),...

WORLD

Share:

Read More



wh o is o n lin e co u n ter b lo g co u n ter

Detik HIKAM READER

Kompas

10:42 AM

No comments:

Email address...

Okezone

Bagi rakyat awam seperti saya, tentu hanya

Rakyat Merdeka

bisa terheran-heran dengan fotodan tautan di

Infid

bawah ini: seorang penjahat yang korupsi uang negara dan lari ke luar negeri belasan tahun,

Jurnal Intelijen

ditangkap dan dibawa pulang ke Indonesia.

Submit

THE GUSDURIANS: FOR… 21,753 likes

Mestinya penjahat itu kan diborgol dan kawal dengan aparat keamanan sebagai layaknya buronan. Tetapi ternyata malah disambut dan

M.A.S HIKAM & FRIE… dijemput oleh dua pejabat tinggi negara, Jaksa Agung RI dan Kepala BIN. Foto 2,747 likes

ini...

Be the first of your friends to like this

Share:

Read More

Like Page Be the first of your friends to like this

Like Page

HIKAM READER

6:29 PM

POLITICS, REGIONAL

No comments:

Upaya untuk membendung calon perseorangan dlm Pilkada, wabil khusus Pilkada DKI 2017, tampaknya bukan saja makin massif, tetapi juga sistematis dan terstruktur. Ini bisa ditengarai dg langkah perubahan aturan main dlm bentuk amandemen UU Pilkada, yg antara lain akan dibuat persyaratan2 yg memberatkan calon non parpol. Misalnya ada rencana meningkatkan prosentase jumlah pendukung dan mewajibkan menggunakan meterai Rp. 6000,- utk setiap pendukung. Syarat yg disebut terakhir itu bagi saya adalah sebuah rekayasa politik yg absurd dan sekaligus... Share:

Read More

HIKAM READER

8:48 PM

HUMOR

No comments:

Alkisah, seorang santri remaja (R) sedang dites oleh santri senior (S) mengenai pengetahuan politik. S: "Kalau seorang Gubernur mengatakan laporan BPK ngaco, dia dituding menghina negara. Kalau politisi DPR menyebar rumor ttg Presiden, menurut kamu gimana?" R: "Jelas menghina negara juga dong!" S: "Salah!" R: "Lha apa dong?" S: "Dia sedang bertugas mewakili rakyat!" R (penasaran): "Mewakili rakyat yg mana?" S: "Ya rakyat yg tukang menyebar rumor dan fitnah. Kan banyak juga mereka!" R: " [email protected]@@***!!!?... Share:

Read More

HIKAM READER

1:12 PM

No comments:

Adalah pejuang anti-kekerasan dan kemerdekaan bangsa India, Mahatma Gandhi (1869-1948), yang mengatakan bahwa: "(m)ereka yg berjiwa lemah tak akan pernah memaafkan, sebab kemampuan memaafkan adalah sifat dari mereka yg berjiwa kuat." Tampaknya kalimat tersebut sangat relevan ketika kita anak bangsa dituntut oleh sejarah agar bisa jujur, arif, dan memandang kepentingan yg lebih besar dalam menyikapi tragedi G-30-S/PKI pada1965 dan mengupayakan penyembuhan luka batin bangsa yang diakibatkannya thd seluruh bangsa dan NKRI.Seperti halnya bangsa-bangsa... Share:

Read More

HIKAM READER

10:01 AM

No comments:

Usulan utk kembali lagi menggunakan UUD 1945 bukanlah hal baru atau suatu hal yang niscaya. Bahkan jika para pengusulnya menggunakan argumentasi sebagaimana dilontarkan oleh Ketua Pemuda Demokrat Indonesia Kota Bekasi, King Vidor (KV), sebagaimana yg dikutip oleh RMOL, hemat saya justru kontraproduktif. KV mengatakan bahwa alasan kembali ke UUD 1945 lama adalah "...UUD 1945 yang saat ini sudah diandemen kelewat kebablasan sehingga menimbulkan kekacauan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara." Lebih jauh ia mengelaborasi bahwa "... dalam sistem... Share:

Read More

HIKAM READER

10:00 AM

NATIONAL, POLITICS

No comments:

Bagaimana sebuah negara yang punya Konstitusi, aturan hukum, dan semua kelengkapan yg diperlukan agar ia tetap terjaga keberadaannya, tetapi tetap mengalami kemerosotan dan bahkan kehancuran? Jawabnya sederhana dan tidak mbulet: yaitu ketika para penyelenggara negara tsb tidak mau dan tidak peduli utk melaksanakan tugas dengan baik. Jika penyelenggara negara menerjemahkan dan melaksanakan Konstitusi dan aturan yang ada semau gue, maka sebesar apapun negara dan sekuat apapun modalnya, maka akan tetap mengalami kemerosotan dan ujungnya adalah... Share:

Read More

HIKAM READER

7:55 AM

No comments:

Bocoran tentang apa yg disebut dengan Dokumen Panama atau "the Panama Papers (PP)" sudah marak ke seluruh dunia dan menyebabkan kontroversi di banyak negara karena menyangkut nama-nama tokoh elit, baik pejabat negara maupun korporasi besar. Tak kurang dari Presiden Vladimir Putin (VP) dari Rusia dan PM Islandia, Sigmundur Gunnlaugsson (SG) yg terkena getah. Sigmundur malah sudah benar-benar mundur gara-gara PP. Di Indonesia, nama yang disebut-sebut media antara lain adalah Wapres JK dan Ketua BPK, Harry Azhar Azis (HA). Kedua pejabat tinggi... Share:

Read More

HIKAM READER

5:51 PM

No comments:

Saya termasuk orang yg skeptis thd hasil Maktamar Islah (MI) yg digelar oleh PPP di Asrama Haji, Pondok Gede, Jaktim, pada 8-11 April 2016. Memang faktanya MI didukung Pemerintah Presiden Jokowi (PJ) dan telah menghasilkan Pengurus DPP PPP dibawah Ketum Romahurmuzy, atau yg akrab dipanggil Romi, setelah terpilih secara aklamasi dlm hajatan nasional tsb. Fakta lainnya, bahwa tokoh-2 dari kelompok Muktamar Jakarta, yang berseberangan dg Romi, juga sudah banyak bergabung dg kubu MI tsb. Dan ada fakta penting pula bahwa acara MI tsb dihadiri oleh... Share:

Read More

HIKAM READER

6:54 PM

NATIONAL, POLITICS

No comments:

Pertanyaan ini bisa saja dianggap terlalu mengada-ada oleh sebagian orang, khususnya para pendukung PKS. Tetapi dalam politik, tidak ada hal yang tidak mungkin. Misalnya, jika lima tahun lalu ada orang yg mengatakan bahwa seorang Fahri Hamzah (FH) akan dipecat oleh PKS, saya rasa anda akan menjawab bahwa itu adalah sebuah "hil yang mustahal." Dan tentu saja dalam konteks lima tahun lalu, anda tidak terlalu salah jika bilang demikian. Bisa... Share:

Read More

HIKAM READER

7:30 PM

No comments:

Kehadiran Presiden Jokowi (PJ) dalam apa yg disebut dengan Muktamar Islah (MI) PPP di Pondok Gede, Jakarta hari ini (8/4/2016), merupakan isyarat yg paling jelas bahwa Pemerintah memutuskan utk mendukung proses resolusi konflik di dalam elite partai tsb sebagaimana yg direncanakan oleh kubu Suryadharma Ali (SDA) dan Romahurmuzi (RH) serta ditopang oleh Menkumham, Yasonna Laoly (YL). Kubu Muktamar Jakarta, yg dipimpin oleh mantan Menpera era Preiden SNY, Djan Farid (DF) menolak keabsahan Muktamar Pondok Gede ini dan telah meminta agar PJ tidak... Share:

Read More

HIKAM READER

7:28 PM

No comments:

Ketika saya melihat tayangan video di YouTube ttg pidato Habib Rizieq (HR) yang mengajak para pendukungnya menurunkan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (BTP), atau Ahok, karena dituding korupsi, tidak bermoral, dan melanggar UU, yang muncul dalam benak saya adalah pertanyaan ini; "Sudah sedemikian burukkah kualitas para pemimpin masyarakat di negeri ini, sehingga ujaran-ujaran yang sarat dengan kebencian dan SARA bisa begitu lancar dan tanpa risih disampaikan di ruang publik?". Bukankah merupakan sebuah ironi yg menyedihkan jika di era reformasi... Share:

Read More

HIKAM READER

1:08 PM

HUMOR

No comments:

Pulang dari nonton tivi di runah tetangga, Yu Sajem (YS) tanya kpd sang suami, Kang Sarmin (KS), yg sudah ngantuk2. YS: "Kang tadi di tivi seru beritanya, soal isteri2 anggota DPR yg lagi melancong ke Jepang." KS : "Apanya yg seru, kan sudah biasa itu?". YS: "Buntutnya itu Kang, jadi gaduh di DPR karena salah seorang suami mereka ada yg keki.?" KS (tertarik): "Kok bisa?" YS: "Karena ibu2 itu dibilang genit oleh Ketua DPR." KS: "Oh gitu. Ya pantes si suami keki masa isterinya dibilang genit." YS: "Lho bukannya kata genit malah... Share:

Read More

HIKAM READER

7:24 PM

No comments:

Kasus kematian Siyono (Sy), terduga pentolan teoris asal Klaten, tampaknya masih menuai kontroversi pasca dilakukannya otopsi forensik atas jenasahnya. Hasil lengkap dari otopsi yg dilakukan oleh tim dokter Muhammadiyah pada Minggu 1 April 2016 itu, sampai hari ini (Rabu 6 April 2016 belum muncul. Namun demikian berbagai informasi yang telah disampaikan baik oleh pihak Polri maupun pihak Muhammadiyah seputar kasus kematian Sy tsb telah ada di berita media, dan hemat saya, belum terdapat kejelasan yang dapat membantu meredam kontroversi tsb. Pihak... Share:

Read More

← Newer Posts

Home

Older Posts Õ



Copyright © 2018 HIKAM READER | Powered by MASH Design by FlexiThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20

Loading...

April 2016 ~ HIKAM READER

HIKAM READER 11:09 AM No comments: Pada Kamis 28 April 2016, jam 10.00-12.30 bertempat di auditorium kampus Universitas Presiden, Jababeka, Cikaran...

691KB Sizes 2 Downloads 17 Views

Recommend Documents

April 2008 ~ HIKAM READER
Apr 26, 2008 - Demokrasi tentu saja masih didengungkan dalam wacana tiap hari, terutama dalam forum-forum publik yang fo

March 2016 ~ HIKAM READER
Mar 31, 2016 - Namun saya kok yakin bahwa ada diantara para civitas academika Unair yang mendukung KPK karena telah mela

February 2016 ~ HIKAM READER
Feb 29, 2016 - Tapi orang-orang seperti Menkopolhukam Luhut Panjaitan (LP) dan Menkumham Yasonna Laoly (YL), jelas akan

May 2016 ~ HIKAM READER
May 26, 2016 - Termasuk pendidikan dan penyadaran kepada masyarakat mengenai masalah-2 kejahatan seksual dalam konteks p

August 2016 ~ HIKAM READER
Aug 31, 2016 - Dukungan tsb pada umumnya didasari oleh kepercayaan kepada Pemerintah bahwa instrumen kebijakan fiskal in

January 2016 ~ HIKAM READER
Jan 30, 2016 - Apa yang diinginkan oleh PJ, yaitu percepatan pembangunan, nanti malah akan mengalami pelambatan gara-gar

August 2013 ~ HIKAM READER
Aug 31, 2013 - Jika hanya dilihat dari perpektif legal formal dan alasan pribadi, apa yg dikatakan oleh Anies Baswedan (

February 2014 ~ HIKAM READER
Feb 28, 2014 - Kasus Risma menjadi makin ribet dan mencuat ke atas panggung perpolitikan nasional karena disharmoni anta

July 2012 ~ HIKAM READER
Modus itu adalah pemribadian masalah dan tindak pidana, mirip dengan "pengoknum" an aparat keamanan yg melakukan tindaka

August 2012 ~ HIKAM READER
Aug 31, 2012 - Hemat saya, maklumat FPI adlh salah satu dari sekian banyak aspirasi politik yang ada dan ia tidak memili